Purwokerto – SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto membuka Kegiatan Kemah Blok bagi para penegak kelas 11 pada tanggal 15-17 Februari 2024 untuk penegak putra dan 23-25 Februari 2024 untuk penegak putri. Bertema “Membentuk Rasa Kekeluargaan Serta Mewujudkan Generasi Disiplin, Mandiri, dan Islami” diharapkan peserta didik dapat semakin kuat ketahanan dan kemandiriannya.

Kemah blok dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kendalisada, Banyumas. Selain diisi materi, ada kegiatan jelajah alam. Siswa secara berkelompok bergantian menghampiri pos-pos yang sudah disediakan, di setiap pos ada outbond tersendiri.

Para peserta didik harus bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik sebagai bagian upaya mewujudkan pribadi yang berkarakter mulia, seperti bertakwa kepada Tuhan YME, jujur, rendah hati, disiplin, dan pantang menyerah.

Seperti yang dijelaskan kak Barkah “Mereka belajar di tengah masyarakat, juga berbaur dalam kegiatan ibadah shalat berjamaah. Apalagi, mereka belajar mengurus kegiatan ini sejak awal, termasuk saat meminta izin menggunakan lapangan, masjid, dan bersilaturahmi dengan tokoh setempat,”

Malamnya digelar api unggun setelah salat Isya berjamaah, kemudian dini harinya akan diisi dengan tahajud dan doa bersama mendoakan kebaikan dan keberkahan bagi negara dan masyarakatnya. “Penting untuk membimbing anak didik dalam membangun jati dirinya dan menjaga akhlaknya. Di antaranya dengan bersungguh-sungguh menjadi pribadi yang shaleh dan siap turut aktif dalam membangun masyarakat,” terang Kak Barkah.