Purwokerto – Jumat, 16 Agustus 2024, SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto menggelar kegiatan halaqah perdana bagi siswa putri. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswi kelas X-XII SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.

Halaqah merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan spiritualitas siswa khususnya bagi siswa putri. Halaqah ini wajib diikuti oleh seluruh siswi SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, setiap kelas akan dibagi menjadi dua kelompok dan setiap kelompok akan dibimbing langsung oleh guru sebagai mualim.

Kegiatan ini berlangsung setiap satu pekan sekali, tepatnya pada Jumat pukul 11.15-12.00 dengan tempat yang sudah ditentukan oleh sekolah. Rangkaian kegiatan halaqah dimulai dengan pembukaan oleh MC dari siswa, tadarus, kuliah lima menit dari siswa, penyampaian materi oleh mualim (guru), dan penutup. Kegiatan perdana ini disambut positif oleh siswa. Mereka sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan halaqah.

Ustazah Ima Susanti, S.S., selaku biah putri SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, menyampaikan, “Adanya kegiatan halaqah ini harapannya mampu meningkatkan kerohanian dan spiritualitas siswa di tengah-tengah kesibukan pembelajaran. Selain itu, kegiatan ini juga berpusat kepada siswa, mulai dari siswa berperan menjadi MC hingga menyampaikan kuliah lima menit dari materi yang sudah dicari oleh siswa itu sendiri. Rangkaian kegiatan tersebut dapat melatih jiwa kepemimpinan siswa, kemandirian, serta kedisiplinan. Selain itu, mualim (guru) juga akan menyampaikan beberapa materi yang tidak didapatkan siswa dalam pembelajaran agama di jam pelajaran reguler. Alhamdulillah, siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan karena sangat menyenangkan, tidak memberatkan, santai, dan bermakna.”

Semoga kegiatan ini dapat berdampak positif dalam meningkatkan spiritualitas siswa SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah untuk mewujudkan generasi yang berakhlakul karimah.