Purwokerto, 7 Februari 2024 – SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah telah melaksanakan kegiatan sosialisasi pemilih pemula jelang hari pemilihan umum pada 14 Februari nanti. Sosialisasi ini disampaikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini diikuti oleh siswa yang sudah berusia 17 tahun.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh salah satu guru SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, yaitu Ustadz Subarkah selaku guru mata pelajaran PKN. Beliau menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa mengenai pentingnya ikut serta dalam pemilihan umum pada 14 Februari nanti. Siswa, yaitu sebagai pemilih pemula, harus memiliki kesadaran untuk memberikan hak suaranya karena pemilu ini merupakan implementasi nilai-nilai pancasila.

“Alhamdulillah, kedatangan Bawaslu ke SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah sangatlah bermanfaat bagi anak-anak, selaku pemilih pemula. Anak-anak perlu tahu teknis pelaksanaan pemilu 2024. Mulai dari pengenalan isi surat yang digunakan hingga bagaimana cara yang benar dalam memilih. Selain itu, pemilihan umum ini menjadi salah satu implementasi nilai-nilai pancasila, artinya anak-anak berperan sebagai warga negara yang baik,” ujar Ustadz Subarkah.

Kegiatan berikutnya berupa materi yang disampaikan oleh tim KPU Banyumas dengan pemaparan materi seputar ketentuan pemilihan umum, mulai dari surat-surat yang digunakan saat pemilu hingga bagaimana teknis dalam melakukan pemilihan. Pada kesempatan ini juga disampaikan perihal pentingnya menjadi pemilih yang cerdas sehingga dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar dan diharapkan mereka akan menolak money politic. Ada beberapa tips yang disampaikan sebagai pemilih cerdas dan aktif:

  1. berpartisipasi aktif dalam kepemilian
  2. pastikan nama terdaftar didaftar pemilih
  3. mencari tahu informasi dari sumber terpercaya
  4. mengetahui tata cara pemilihan yang benar
  5. update informasi melalui media sosial KPU
  6. mengajak lingkungan sekitar untuk menggunakan hak pilih dengan baik dan benar
  7. tolak politik uang, politik identitas, dan berita hoax

Setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh tim KPU, siswa diberi kesempatan untuk bertanya. Siswa terlihat sangat antusias dalam mengikuti rangkaian sosialisasi ini. Antusias terlihat ketika siswa menyampaikan beberapa pertanyaan menarik yang dilontarkan kepada tim Bawaslu. Hal tersebut menjadi lebih menarik, karena siswa sangat interaktif.

Melalui kegiatan sosialisasi ini, siswa diharapkan mendapatkan pengetahuan dan wawasan perihal menjadi pemilih pemula yang baik dan benar di pemilu 2024 ini.