Siswa SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Erlangga, atau biasa disapa Angga, berhasil meraih medali perak di ajang International Biology Olympad (IBO) ke-35 tahun 2024 yang berlangsung di Kazakhstan pada tanggal 7-14 Juli 2024

Pencapaian ini tentu tidak begitu saja didapatkan oleh Angga, ia harus bekerja keras untuk mengikuti seleksi OSN tingkat kabupaten, provinsi, nasional, dan mengikuti seleksi Pelatnas 2 tahap hingga pada akhirnya mampu mewakili Indonesia di ajang bergengsi tingkat internasional.

Pelaksanaan tes International Biology Olympad (IBO) dibagi menjadi dua bagian tes, yaitu tes teori dengan komposisi penilaian 50:50 dan tes praktikum yang terdiri atas empat topik di antaranya: 1) Molekuler Biologi Tumbuhan; 2) Bioinformatika; 3) Ekologi-Etologi; dan 4) Biokimia. Masing-masing tes praktikum dilakukan untuk kemampuan siswa dalam melakukan eksperimen berdasarkan soal yang telah didesain oleh panitia dan harus diselesaikan dalam durasi waktu 90 menit. Sementara itu, untuk tes teori dilaksanakan dalam waktu dua hari dengan durasi 3 jam dan 3,5 jam. Peserta diuji untuk menganalisis dan memecahkan permasalahan dalam berbagai aspek biologi, termasuk pemahaman konsep, pengetahuan praktis dan analitik, serta penerapan aplikasi biologi.

Kepala SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, Ustaz Faizul Munif, S.Si., mengaku sangat bangga dengan prestasi yang telah didapatkan. Pencapaian prestasi ini menjadi bukti bahwa siswa SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto mampu berkompetisi pada bidang olimpiade di tingkat internasional dan meraih medali untuk Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari kerja keras siswa bersama dukungan dari orang tua, guru, dan tim pembina. Semoga ke depannya banyak siswa yang mampu meneruskan semangat juang dalam meraih prestasi dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN).

“Alhamdulillah. Bangga sekali dengan partisipasi dan pencapaian yang Mas Erlangga raih. Saya mendoakan semoga tahun berikutnya dan seterusnya SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah bisa mengantarkan kembali siswanya untuk sampai di ajang tingkat internasional dan tentunya meraih medali,” ujar Ustaz Faizul Munif, S.Si