Belum punya akun? Register / Login

Siswa SMA Al Irsyad Menuju Olimpiade Internasional di Rusia

Kemampuan Muhammad Yusuf Sholeh benar-benar membanggakan. Siswa kelas 11 SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto ini berhasil menjadi 1 dari 4 peserta wakil Indonesia dalam International Olympiad in Informatics (IOI) di Rusia pertengahan Agustus 2016 mendatang.

Tentu bukan hal mudah mencapai prestasi ini, Yusuf memulai debutnya dengan menjuarai Olimpiade Sain Nasional (OSN) dari jenjang paling bawah, yakni OSN tingkat kecamatan. Kemudian berhasil menjadi juara di OSN provinsi, juga nasional.

Yusuf yang sejak awal memilih bidang komputer/informatics ini pun kemudian menapaki jalan menuju olimpiade sedunia sejak mengikuti National Olympiad Informatic (NOI) 2016 di Singapura pada 19 Maret 2016. Hasilnya sangat menggembirakan, Yusuf berhasil membawa pulang medali Emas.

Perjuangan masih panjang demi meraih tiket menuju IOI di Kazan-Rusia. Yusuf pun harus berjuang lagi dalam The Asia-Pacific Informatics Olympiad (APIO) 2016, 8-9 Mei 2016. Kali ini Yusuf bersama 8 rekan dari kontingen Indonesia memeras otak untuk menyelesaikan soal secara online dengan tajuk masing-masing adalah Boat, Fireworks, dan Gap.

Olimpiade ini cukup menegangkan, karena dalam waktu yang sama ada 1.101 peserta dari 30 negara yang sama-sama online. Sehingga pelatih dan pendamping lomba sempat khawatir bila terjadi gangguan akses internet atau mati listrik, mengingat olimpiade ini berlangsung 5 jam online non stop.

Tidak hanya itu, selisih skor yang sangat tipis antar peserta membuat penitia Pelatihan Nasional (pelatnas) menggelar 2 kali simulasi IOI untuk memastikan siapa 4 di antara peserta yang paling layak untuk maju ke jenjang paling tinggi.

Hasilnya, Yusuf pun terpilih. Dengan demikian, dia dalam waktu dekat akan memulai pelatnas untuk IOI.

“Kami semua guru dan siswa merasa bangga, dan saya yakin masyarakat se Jawa Tengah pun ikut bangga akan keberhasilan putra daerahnya di ajang APIO 2016. Kami mengajak semuanya berdoa untuk kesuksesan Yusuf. InsyaAllah kesuksesannya merupakan kesuksesan pendidikan di Jawa Tengah dan Indonesia” tutur M. Iqbal, S.E., M.Si., kepala SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto.[]

Ditulis oleh qomarudin al hafidz 2016-08-10 08:02:41

Artikel Terkait