Belum punya akun? Register / Login

Mendidik dengan Hati

Judul Buku:Asli: Connecting With Students

Terjemah: Mendidik dengan Hati

Penulis:Dr.Allen N.Mendler

Penerjemah:Endriyani Azwaldi

Penerbit:Kaifa (PT.Mizan Pustaka)

Cetakan I:Oktober 2010

Tebal Buku:144 hlm


Mendidik adalah profesi yang mulia, sesorang pendidik memegang peranan yang penting dalam menyampaikan ilmu. Tugas seorang pendidik disamping mengajar juga mendidik siswanya. Tugas mendidik lebih menekankan pada pembentukan jiwa, karakter, kepribadian berdasarkan nilai-nilai sedangkan tugas mengajar lebih menekankan pada pengembangan kemampuan penalaran, dan tugas melatih menekankan pada pengembangan kemampuan penerapan teknologi dengan cara melatih berbagai keterampilan. 

Lembaga sekolah sebagai tempat yang menuntut ilmu diharapkan mampu sebagai tempat pembentukan karakter dan kepribadian yang baik sekaligus memberikan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi siswanya. Oleh karena itu menciptakan sekolah yang nyaman dan menghargai siswanya sangat penting.

Menciptakan sekolah yang nyaman dan mendukung prestasi siswa tidak semudah yang dibayangkan. Salah satu faktor yang menentukan adalah peran dari guru itu sendiri. Guru yang mampu memberikan kenyamanan bagi siswanya, guru yang menghargai potensi yang dimiliki oleh siswanya, yang berkompeten di bidangnya dan yang terpenting guru yang mempunyai iman dan akhlak sehingga mampu merubah akhlak siswanya.

Paradigma sebagian masyarakat dalam menilai keberhasilan guru masih menekankan pada nilai akademik. Guru dikatakan berhasil jika siswanya mampu mendapatkan nilai yang bagus dan sempurna. Inilah yang menjadi tantangan guru,padahal anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang terkontaminasi dengan racun-racun dunia yang menghambat perkembangan anak.

Komunikasi baik antara guru dengan orang tua, maupun guru dengan siswa harus terjalin dengan baik sehingga adanya kesamaan visi dan misi pendidikan dan penanganan anak. Komunikasi dan keterbukaan antara guru dengan siswa diperlukan supaya siswa terbuka kepada guru dan merasa diperhatikan sehingga tidak terasing. Sebuah studi yang dilakukan terhadap 7.000 orang remaja menunjukan bahwa remaja zaman sekarang merupakan generasi yang terasing. Mereka lebih banyak menghasilkan waktunya sendirian dibandingkan dengan generasi sebelumnya, hanya sedikit yang mengaku memiliki sahabat dekat, dan hampir seluruhnya memilih tidur sebagai kegiatan yang paling disukai (Schneider dan Stevensen,1999).

Buku yang ditulis oleh Dr.Allen N.Mendler ini, menawarkan kiat-kiat menjalin kedekatan antara guru dengan siswa dan membangun suasana sekolah yang penuh kepedulian sehingga para pendidik memahami,menghargai dan akrab dengan para siswa. Dr. Allen memahami betul karakteristik anak karena dia seorang psikolog sekolah, memiliki pengalaman luas dalam mendidik anak segala usia, pernah dianugrahi Crazy Horse Award pada 1995 atas keberaniannya dalam melakukan pendekatan dengan remaja bermasalah.

Dr.Allen menambahkan didalam bukunya, supaya pendidik dapat menjalin komunikasi dan kedekatan kepada siswa ada tiga ikatan yang perlu dikembakan oleh pendidik,yang pertama:ikatan personal,yang kedua ikatan akademis, dan yang ketiga ikatan sosial. Dari ketiga ikatan tersebut dijabarkan secara detail disertai dengan trik-triknya. Inilah yang menjadi kelebihan dari buku ini. Trik-trik yang ditawarkan oleh Dr.Allen mudah diterapkan dan dapat digunakan oleh semua pihak,baik guru maupun orang tua.


Ditulis oleh Dwi Nur Handoyo 2014-03-21 10:43:34

Artikel Terkait